Selasa, 20 April 2010

REBRANDING AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUACUI

Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi IV
Program Studi MMT-ITS, Surabaya 5 Agustus 2006

AUTHOR:
Welin Kusuma, Maya Luciawati
Program Certified Professional in Brand Development
Jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra

ABSTRACT:
PT Aneka Tirta Sukoindo merupakan produsen air minum dalam kemasan (AMDK) bermerek "Aquacui" yang didirikan pada tanggal 1 Januari 2003 dan berlokasi di Sukorejo-Pandaan. PT Aneka Tirta Sukoindo baru-baru ini mendapat surat tuntutan (somasi) dari PT Aqua Golden Mississippi, pioneer company sekaligus market leader dalam industri AMDK di Indonesia. Alasan yang melatarbelakangi PT Aqua Golden Mississippi meluncurkan surat tuntutan kepada PT Aneka Tirta Sukoindo untuk segera menghentikan penggunaan merek Aquacui karena adanya unsur kata "aqua" yang melekat dalam merek "Aquacui". PT Aqua Golden Mississippi mengklaim bahwa merek dagang Aquacui memiliki kemiripan bunyi dengan merek dagang Aqua, merek dagang AMDK  milik PT Aqua  Golden Mississippi. Karena tuntutan hukum tersebut maka PT Aneka Tirta  Sukoindo perlu   melakukan rebranding terhadap merek dagang Aquacui. Rebranding merupakan proses mendefenisikan ulang strategi dan positioning merek yang dapat berupa perubahan nama dan perubahan penampilan (simbol visual dan desain kemasan). Proses rebranding produk AMDK Aquacui dilakukan karena alasan respon terhadap krisis akibat gugatan dari PT Aqua Golden Mississippi dan untuk memperbaiki image produk di pasaran. Hasil rebranding pada produk AMDK Aquacui milik PT Aneka Tirta Sukoindo ini mendefenisikan ulang nama merek, brand core, positioning merek, kepribadian merek, budaya merek, arsitektur merek, identitas visual merek, dan strategi komunikasi merek.

Keywords: brand, rebranding, air minum dalam kemasan.

FULL TEXT: FREE DOWNLOAD REBRANDING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar