Minggu, 02 Mei 2010

CONTOH KUESIONER: PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN

Berikut adalah contoh kuesioner mengenai perbedaan persepsi konsumen terhadap dua varian produk. Kuesioner ini disusun pada tahun 2005, yaitu pada saat Astra Honda mengeluarkan Karisma X 125 dan Karisma X 125D. 


Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan persepsi atas merek Karisma X 125 dan Karisma X 125D tersebut maka dilakukan analisis differential threshold yang akan mencari di titik mana konsumen bisa merasakan perbedaan antara kedua jenis produk tersebut. Semakin positif tingkat differential threshold yang ditemukan di antara Karisma X 125 dan Karisma X 125D  maka semakin bagus. Namun apabila tingkat yang terbentuk bernilai kurang dari 1 maka differential threshold tidak dapat dirasakan.
Schiffman dan Kanuk (1997:149) menjelaskan bahwa differential threshold merupakan perbedaan minimal yang dapat dideteksi di antara dua stimuli yang serupa (jnd = just noticeable difference). Engel dkk. (1995:479)meyebutkan bahwa difference threshold merupakan perubahan terkecil atas intensitas stimulus yang bisa diperhatikan oleh konsumen secara individual. 


Engel, James F., Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard. Consumer Behavior. Ninth Edition. United States of America: The Dryden Press. 1995.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazarkanuk. Consumer Behavior. Sixth Edition, New Jersey: Prentice-Hall International Inc. 1997.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar