Minggu, 27 Juni 2010

Peran Mass Customization Dan Basic Market Orientation DalamMeningkatan Kinerja Pemasaran

The 2nd National Conference UKWMS
Surabaya, 6 September 2008

AUTHOR:
Gendut Sukarno

ABSTRACT:
Perkembangan industri semakin meningkat ditandai dengan semakin banyak perusahaan dengan berbagai macam produksinya. Memasarkan suatu produk bukan hanya menjual atau menukarkan barang dengan sesuatu, akan tetapi memasarkan produk sekaligus berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas. Kondisi seperti ini akan menimbulkan persaingan yang ketat diantara perusahaan – perusahaan yang menawarkan produk sejenisnya. Secara konseptual terdapat banyak cara untuk mencapai dan melanggengkan kinerja pemasaran, salah satu diantaranya adalah dengan berorientasi pelanggan dan pesaing agar dapat meningkatkan kinerjanya. Berorientasi terhadap pelanggan dan pesaing adalah salah satu  metode yang dapat digunakan apabila perusahaan ingin unggul dalam persaingan. Ada tiga dimensi dalam berorientasi pelanggan dan pesaing, yaitu customization, basic market orientation dan competitive benchmarking. 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model konseptual Mass Customization dan Basic Market Orientation Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Merek “Viva” di Surabaya. Diharapkan dapat membantu pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan dalam meningkatkan dan menjaga eksistensi industri kosmetik produksi dalam negeri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah counter atau pedagang /toko di Surabaya sebanyak 100.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling [SEM], dan pengukuran modelnya adalah Confirmatory Factor Analysis [CFA]. Dengan menggunakan AMOS 4.01 hasil pengujian menunjukkan bahwa mass customization berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pemasaran Produk Merek “Viva” di Surabaya terbukti kebenarannya. Demikian juga basic market orientation berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pemasaran Produk Merek “Viva” di Surabaya terbukti kebenarannya.
Keyword : Mass customization, basic market orientation, kinerja pemasaran.

FULL TEXT: FREE DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar