Senin, 03 Mei 2010

POTRET BISNIS RITEL DI INDONESIA: PASAR MODERN

Economic Review ● No. 215 ● Maret 2009

PENULIS:
Marina L. Pandin

INTRODUCTION:
Bisnis ritel adalah penjualan barang secara eceran pada berbagai tipe gerai seperti kios, pasar, department store, butik dan lain-lain (termasuk juga penjualan dengan sistem delivery service), yang umumnya untuk dipergunakan langsung oleh pembeli yang bersangkutan.
Bisnis ritel di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yakni Ritel Tradisional dan Ritel Modern. Ritel modern pada dasarnya merupakan pengembangan dari ritel tradisional. Format ritel ini muncul dan berkembang seiring perkembangan perekonomian, teknologi, dan gaya hidup masyarakat yang membuat masyarakat menuntut kenyamanan yang lebih dalam berbelanja.
Ritel modern pertama kali hadir di Indonesia saat Toserba Sarinah didirikan pada 1962. Pada era 1970 s/d 1980-an, format bisnis ini terus berkembang. Awal dekade 1990-an merupakan tonggak sejarah masuknya ritel asing di Indonesia. Ini ditandai dengan beroperasinya ritel terbesar Jepang ‘Sogo’ di Indonesia. Ritel modern kemudian berkembang begitu pesat saat pemerintah, berdasarkan Kepres no. 99 th 1998, mengeluarkan bisnis ritel dari negative list bagi Penanaman Modal Asing. Sebelum Kepres 99 th 1998 diterbitkan, jumlah peritel asing di Indonesia sangat dibatasi.
Saat ini, jenis-jenis ritel modern di Indonesia sangat banyak meliputi Pasar Modern, Pasar Swalayan, Department Store, Boutique, Factory Outlet, Specialty Store, Trade Centre, dan Mall / Supermall / Plaza. Format-format ritel modern ini akan terus berkembang sesuai perkembangan perekonomian, teknologi, dan gaya hidup masyarakat.
Pasar Modern, salah satu jenis pasar ritel yang diperkenalkan pada era 1970-an, disebut-sebut sebagai format ritel yang mengalami perkembangan yang sangat baik dalam 5 tahun terakhir. Bagaimanakah sebenarnya geliat Pasar Modern dalam kurun waktu tersebut? Siapa sajakah pemain-pemain utamanya, dan apa sajakah tantangan-tantangan yang dihadapi Pasar Modern dimasa mendatang? Tulisan ini akan membahas perkembangan Pasar Modern dan siapa saja pemain-pemain utama bisnis ini. Tulisan ini juga akan membahas tantangan-tantangan apa saja yang dihadapi oleh Pasar Modern kedepannya.

FULL TEXT: FREE DOWNLOAD PASAR MODEREN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar